Tips Menjaga Kesehatan dan Makanan bagi Paru-Paru

Tips Menjaga Kesehatan dan Makanan bagi Paru-Paru

Tips Menjaga Kesehatan dan Makanan bagi Paru-ParuParu-paru merupakan salah satu organ pernafasan yang tidak tergantikan artinya sangat penting bagi tubuh. Maka dari itu kita harus sangat menjaga kesehatan pada paru-paru. Paru-paru organ utama pada system pernapasan manusia yang berhubungan secara langsung dengan sistem pada peredaran darah. Paru-paru berfungsi sebagai penukar oksigen dari luar ditukarkan dengan karbonmonoksida sebagai sisa pembuangan. Pada manusia terdapat dua paru-paru yaitu paru-paru bagian kanan dan kiri.

Paru-paru jelas memliki fungsi sangat vital atau pokok bagi tubuh. Sudah jelas paru- paru yang sangat sehat akan menyediakan oksigen yang cukup besar bagi darah dan kebutuhan tubuh. Dengan fungsi yang sangat penting kesehatan paru-paru dijaga dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Berikut cara hidup sehat yang dapat menjaga kesehatan paru-paru:

1. Berhenti merokok
Jika Anda seorang perokok cobalah untuk berhenti karena penyebab utama dalam penyakit paru-paru paling serius disebabkan oleh rokok karena adanya kandungan zat kimia yang masuk dalam organ pernapasan dengan jumlah banyak, zat senyawa kimia tersebut dapat menyebabkan kanker.

2. Menjauhi orang yang sedang merokok
Walaupun Anda bukan perokok Anda juga bisa terkena penyakit paru-paru jika berada disekitar perokok karena asap yang dikeluarkan perokok dapat dihirup oleh orang lain. Penyakit seorang yang menghirup asap rokok akan mendapatkan penyakit yang sama seperti perokok.

3. Menghindari Polusi Udara
Sudah jelas paru-paru ialah saluran pernapasan yang berhubungan dengan hidung jadi apapun yang masuk dari hidung akan masuk ke paru-paru. Oleh sebab itu polusi udara juga menjadi salah satu penyebab penyakit organ pernapasan yang dapat mengiritasi serta menghancurkan salah satu jaringan pada paru-paru.

4. Melakukan aktifitas fisik
Aktifitas fisik cukup penting untuk menjaga kesehatan paru-paru. Aktifitas fisik ringan yang dapat dilakukan ialah jogging, senam, atau melakukan olahraga sesuai hobi seperti futsal, volly, sepak bola, dan masih banyak lagi aktifitas yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

5. Mengikuti vaksin lengkap sejak dini
Selain menjalankan hidup sehat agar membuat imun mejadi kebal. Paru-paru juga dapat dijaga dengan melakukan vaksinasi. Salah satu manfaat setelah melakukan vaksinisasi dapat mencegah terjadinya infeksi yang dapat menyerang paru-paru. Beberapa vaksin yang diberikan untuk melindungi paru-paru adalah difetri, vaksin tetanus serta pneumonia.

Beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatan bagi paru-paru Anda adalah sebagai berikut:

Tips Menjaga Kesehatan dan Makanan bagi Paru-Paru

• Mengkonsumsi sayuran hijau
Sayuran memang memiliki manfaat yang paling penting, tidak hanya kaya akan serat, namun kaya akan berbagai zat seperti folat, vitamin C, karotenoid dan fitokimia. Zat zat ini berfungsi untuk menangkal kerusakan pada paru-paru.

• Buah bluberi
Buah yang tergolong menyehatkan bagi paru-paru adalah bluberi. Kandungan antosianin yang cukup tinggi berupa pigmen yang melindungi kesehatan paru-paru agar terhindar dari kerusakan.

• Labu kuning
Memiliki rasa empuk dan sedikit legit, labu kuning memiliki kandungan antioksidan yang kaya. Kandungan ini meningkatkan kesehatan paru sehingga baik bagi yang mengkonsumsinya. Baik itu anak-anak bahkan hingga usia lanjut.

• Teh hijau
Teh hijau tidak hanya bermanfaat bagi penurunan berat badan, namun dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan paru-paru. Antioksidan dan zat anti peradangan yang melindungi paru-paru.

• Buah bit
Memiliki warna yang cukup cerah ternyata memiliki kandungan nitrat yang memicu pembuluh darah menjadi fleksibel dan mengoptimalkan penangkapan oksigen.

Informasi di atas merupakan beberapa tips untuk menjaga kesehatan paru-paru dan makanan yang mendorong perlindungan kesehatan paru-paru.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *